Banyak yang menanyakan cara berlatih refleks untuk seoarang kiper futsal. Sebelum memberikan menunya mau mencoba meluruskan, yang benar dalam konteks ini penggunaan istilahnya adalah reaksi. Silahkan baca penjelasan Reaksi vs Refleks,

Seperti yang sudah kita ketahui umumnya bahwa reaksi merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang kiper, termasuk kiper futsal maka sudah barang tentu kita membutuhkan menu latihan reaksi.



Seperti pada menu latihan kiper kebanyakan yang dominan dimana kita sulit untuk menemukan menu latihan yang bisa kita lakukan sendiri (tanpa orang lain) karena menu latihan kiper biasanya pasti membutuhkan 1 orang untuk membantu latihan.

Sebenarnya untuk latihan reaksi seorang kiper kita bisa memanfaatkan olahraga serta aktifitas lain ,



berikut 4 cara mudah melatih reaksi diantaranya:


  1. BerlariDengan melatih beladiri akan melatih reaksi koordinasi tubuh seperti tangan dan mata contohnya. Jika ikut Tae Kwon Do malah bisa melatih kekuatan tendangan.
  2. Berolahraga
    Dengan berolahraga selain menjaga kebugaran tubuh, kita juga bisa  melatih koordinasi tubuh, misalnya

    -Tenis atau Badminton
    Melatih kecepatan berlari, meningkatkan reaksi serta koordinasi antara tangan dan mata, dan juga reaksi sangat dibutuhkan untuk memukul/mengembalikan bola ke arah yang tepat.

    -Basketball
    Melatih kedua tangan dan serta kecepatan kaki serta kelenturan pinggang dalam melakukan putaran.

    -Parkour
    Meningkatkan koordinasi antara tangan, mata, kecepatan, dan kekuatan kaki, serta kemampuan dalam mengambil keputusan secara cepat.
  3. Bermain Video Games
    Video games dapat membantu koordinasi tubuh antara mata dengan tangan, dan game yang gue rekomendasiin buat kawan-kawan itu Guitar Hero berapapun lalu pilih level Expert bin tambahin Cheat Hyper Speed. Karena kecepatan dalam video games dapat mempengaruhi raksi mata dengan tangan.
  4. Lempar Tangkap
    Jika dari cara-cara diatas kawan-kawan masih juga kesulitan, maka cara terakhir adalah dengan melakukan lempar tangkap. Sediakan bola (rekomendasi bola tenis) lalu berdiri dengan tembok dengan jarak antara 2-3 meter. Lalu lempar dan tangkap bolanya (usahain lemparan keras jangan lemah), jika serasa apa yang dilakukan terlalu statis maka mintalah bantuan ke teman untuk melakukan hal ini.
Nah itulah 4 cara mudah dalam melatih reaksi, dan tentu akan sangat berguna untuk seorang kiper futsal. Semoga bermanfaat dan bagi kawan-kawan yang mau menambahan silahkan di kolom komentar dibawah 

source: kaskus


Top Artikel

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2012 Gor Hady Futsal Club Depok -